Social networking yang ada beserta fitur-fiturnya



1. Facebook 

Facebook adalah sebuah situs web jaringan sosial yang didirikan tahun 2004. Berikut adalah daftar fitur yang dapat ditemukan di situs web Facebook, termasuk fitur teknologi situs tersebut:
Chat
Credits
Easter eggs
Facebook Live
IPv6
Messages and Inbox
Sejak Facebook didirikan, mereka telah mengizinkan pengguna mengirim pesan satu sama lain.[1] Seorang pengguna Facebook dapat mengirimkan pesan ke siapapun sekali waktu. Menghapus pesan dari kotak masuk seseorang tidak menghapusnya dari kotak masuk pengguna lain, serta mencegah pengirim mengirim ulang pesan yang dikirim olehnya.
Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan "Facebook Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan, "memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel @facebook.com, namun itu bukan surel." Peluncuran fitur tersebut telah diantisipasi sementara waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah pengamat menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan diluncurkan kepada semua pengguna situs tersebut, menggabungkan pesan tekspesan instansurel, dan pesan reguler, dan akan meliputi pengaturan privasi sama seperti layanan Facebook.
Networks, Groups, and Like Pages
Notifications
Notifications of the more important events, for example, someone sharing a link on the user's wall or commenting on a post the user previously commented on, briefly appear for a few seconds in the bottom left as a popup message (if the user is online), and a red counter is updated on the toolbar at the top, thus allowing the user to keep track of all the most recent notifications.
Phone
Pada September 2010, rumor "Facebook Phone" yang mirip seperti Android Google bermunculan di situs-situs berita industri bisnis dan teknologi. Dalam wawancara dengan blog teknologi terkenal, Techcrunch, CEO Mark Zuckerberg mengatakan "Strategi kami sangat jelas. Kami mencoba membangun lapisan sosial untuk semua orang," namun menolak bahwa mereka mencoba bersaing dengan iPhone Apple atau Android.[2]
Poke
Fitur colek ditujukan sebagai "dorongan" untuk menarik perhatian pengguna lain.
Smartphones
Status Updates
Facebook memiliki fitur bernama "status updates" (atau "status" saja) yang memungkinkan pengguna
URL shortener
Usernames
Wall
Dinding adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.
Aplications
Marketplace
Notes
Places
Platform
Questions
Videos
Fitur sebelumnya :
FBML
Facebook Markup Language (FBML) dianggap sebagai HTML versi Facebook. Sejumlah tag HTML dapat dipakai di FBML, namun ada beberapa tag penting yang tidak bisa dipakai seperti HTML, HEAD dan BODY. Selain itu, JavaScript juga tidak dapat digunakan di FBML.
Menurut halaman pengembang Facebook Markup Language (FBML), FBML sedang dalam proses dihentikan. Tidak ada fitur baru yang akan ditambahkan ke FBML dan para pengembang disarankan untuk mengembangkan aplikasi baru yang memanfaatkan HTML, JavaScript dan CSS.
Gifts
Lite


2. Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa microblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

Laman Utama (Home)

Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.
Profil

Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut (Follower)

Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
Ikutan (Following)

Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Gamitan  (Mentions)

Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
Favorit

Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
Pesan Langsung (Direct Message)

Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
Tagar (Hashtag)

Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
Senarai  (List)

Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)

Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.
Isi Kicauan

Isi Kicauan menurut Pear Analytics.
- Spam
- Promosi diri
- Celoteh tidak berarti
- Percakapan
- Nilai lewat-terus (pass-along)
- Berita
sumber: wikipedia